Home » » Pantai Pameungpeuk Garut

Pantai Pameungpeuk Garut

Pantai Pameungpeuk Garut

Rio Tkj - Terasa sering kiranya saya berkunjung ke Pantai di Garut Selatan ini. Hampir tiap tahun saya mengunjunginya, namun anehnya saya tidak pernah bosan untuk mengunjungi Pantai Pameungpeuk Garut. Karena selain tempatnya yang sangat indah, berkunjung ke Pantai Pameungpeuk ini juga tidak mengeluarkan biaya yang tinggi. Semangat kebersamaan bersama teman-teman membuat saya semakin selalu tertarik untuk mengunjungi Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang di Garut ini. Tidak heran pantai ini selalu menjadi Tempat Wisata di Garut yang terfavorit selain Gunung Papandayan Garut

Pantai Pameungpeuk Garut merupakan pantai yang telah lama dikenal sebagai objek wisata pantai di Garut, dengan pesona bentang alam pantai yang sangat panjang serta pasir putih halus yang menghiasi setiap pinggir pantai menjadikan objek wisata pantai ini banyak diminati oleh para kalangan muda-mudi sebagai tempat liburan yang menarik. Bukan itu saja, suasana yang begitu ramai dengan pesona alam yang masih alami dan segar mampu membuat anda benar-benar merasakan suasana pantai yang lumayan bersih.




Pantai Pameungpeuk atau orang Garut Jawa Barat biasa menyebutnya sebagai Pameungpeuk memiliki dua pantai yang sangat terkenal dan menjadi tujuan wisatawan setiap tahunya baik itu wisatawan asing maupun wisatawan lokal Garut yaitu Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang.

Pantai Santolo Garut


Pantai Santolo Garut merupakan pantai di Garut Selatan dengan pemandangan pasir putih halus yang membentang disepanjang pinggir pantai. Pantai ini menjadi salah satu bagian terpenting dari Pantai Pameungpeuk. Biasanya pantai ini selalu menjadi tujuan wisata di hari - hari weekend dan juga hari besar tiba seperti hari libur lebaran dan juga hari libur panjang tiba. Wisatawan yang datang ke objek wisata ini biasanya kebanyakan dari warga Garut sendiri, namun tak jarang warga kota Bandung, Jakarta, Bogor serta wisatawan mancanegara pun datang ke salah satu pantai di Pameungpeuk ini.

Aktivitas yang dapat anda lakukan di Pantai Santolo ini adalah Snorkling, menerbangkan lampion harapan, menikmati keajaiban pesona pantai di malam hari, menikmati pesta kembang api, api unggun di pantai, kemping, menikmati sunset di pantai, menikmati santapan hidangan laut, menulis pesan di pasir pantai, berbelanja di sekitar pantai, Surfing & beach sport pantai lainya, bermain bola voli di pantai, foto narsis dan foto selfie di pantai dan lain sebagainya.


Pantai Sayang Heulang

Selain Pantai Santolo Garut, Pantai Pameungpeuk Garut ini juga masih memiliki Pantai Sayang Heulang yang juga akan anda temukan diwilayah Garut Selatan. Jadi tidak heran orang-orang atau wisatawan yang berkunjung biasanya selain berkunjung ke Pantai Santolo Garut juga melihat keindahan yang dimiliki Pantai Sayang Heulang ini. Biasanya tak lengkap jika anda berkunjung ke Pantai Pemeungpeuk Garut hanya melihat Pantai Santolo saja namun tidak melihat Pantai Sayang Heulang ini. 

Seperti saya ini jika saya berkunjung ke Pantai Santolo saya pasti mengunjungi Juga Pantai Sayang Heulang untuk mendapatkan liburan yang lebih menarik. Hampir setiap tahun baru dan hari-hari besar saya dan kawan-kan berkunjung ke Pantai Pameungpeuk Garut ini. Namun sayangnya di tahun baru 2016 kemarin saya tidak ikut berkunjung dikarenakan saya berwisata ke Tempat Wisata di Garut yang lainya yaitu Mendaki Gunung Guntur Garut. 



Pantai Sayang Heulang merupakan pantai yang dipenuh dengan karang-karang, yang dapat anda temukan disalah satu pulau sisi Santolo. Keunikan yang membuat saya selalu sering untuk mengunjungi Pantai Sayang Heulang ini adalah adanya bentang karang yang merojok jauh ke laut disepanjang garis pantai. Ketika air laut sedang surut hal menarik yang saya dapatkan adalah saya dapat berjalan disepanjang  bentang karang ini bahkan sampai ke sisi laut. 

Bahkan tak jarang saya beserta kawan-kawan menemukan banyak ikan-ikan kecil berwarna-warni yang terjebak di karang-karang. Nah, untuk lokasi kedua pantai di Pantai Pameungpeuk Garut tersebut, anda dapat melihatnya di bawah ini.



Di Pantai Sayang Heulang, anda juga dapat menemukan suatu tempat atau objek wisata lain yang tak kalah menarik untuk anda kunjungi yaitu Bukit Teletubis. Mungkin tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok menurut saya untuk berfoto selfie mengabadikan moment bahagia bersama pasangan kekasih atau sahabat anda sebagai kenangan yang tak akan terlupakan untuk anda.

Bukit Teletubis Garut

Bukit Pogor atau sebutal lainya Bukit Teletubis terletak di sebelah Utara jalur sebelah kiri ketika anda mengunjungi ke Pantai Sayang Heulang, anda tinggal lurus saja mengikuti jalur sebelah kiri tersebut. Nanti disana anda akan masuk ke daerah warga dan anda terus berjalan hingga menemukan jalur dimana ada sebuah lahan bekas pertanian yang sekarang di alih fungsikan menjadi sebuah objek wisata yang menakjubkan. Tempat ini memiliki luas lahan sekitar kurang lebih 1 hektare dengan hamparan rumput - rumput hijau layaknya di bukit teletubis.
Bukit Teletubis Garut

Lokasi Pantai Pameungpeuk Garut

Lokasi Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo berada tepat di Wilayah Kecamatan Cikelet Garut Jawa Barat, namun walaupun berada di Cikelet, Pantai Santolo ini lebih dekat dengan Pameungpeuk Garut. Jarak dari pusat kota Garut kurang lebih 88 Km atau 3,5 jam perjalanan dari kota Garut. Sarana jalan menuju lokasi pantai dari Garut terbilang bagus hanya saja masih ada sebagian kecil jalan yang bergelombang serta banyak belokan serta tanjakan yang cukup tajam, jadi anda harus berhati-hati.

Lokasi Pantai Sayang Heulang

Untuk menuju lokasi Pantai Sayang Heulang Garut, anda juga dapat melalui jalur ke Pantai Santolo Garut di atas. Atau anda juga bisa melalui Rute Garut - Cikajang - Pameungpeuk, inilah kondisi jalanya yang bagus hanya saja ada beberapa lokasi jalan yang masih bergelombang. 

Atau anda dapat melalui jalur Rute Bandung - Pangalengan - Rancabuaya - Santolo dengan jalan yang juga sangat terbilang bagus namun ada jalan yang masih dalam proses pembangunan. Nah yang lebih menariknya lagi di Pantai Pameungpeuk ini juga terdapat sarana yang terbilang komplit, mulai dari penginapan atau Hotel di Garut seperti ANB Hotel, masjid, toilet serta rumah makan.

Tiket Masuk Pantai Pameungpeuk Garut


Mengenai Tiket Masuk Pantai Pameungpeuk ini sudah saya bilang diatas, tidak akan menghabiskan biaya yang besar. Akan tetapi lokasinya yang cukup jauh tidak menggoyahkan para wisatawan yang berkunjung ke pantai tersebut. Dengan hanya membayar Rp. 3.500 untuk menyebrang ke pulau kecil menggunakan perahu milik para nelayan Rp. 2.000 untuk sekali menyebrang, bila pp maka akan dikenakan biaya Rp. 4.000
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger