Home » , » Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut

Setelah sebelumnya admin Rio Tkj membahas tentang Daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya, kini saatnya saya kembali membahas tentang salah satu Tempat Wisata di Garut, dikarenakan saya melihat kota Garut ini memiliki potensi yang sangat besar dibidang pariwisata. Sebuah pantai yang berada di Garut Selatan yang kini telah cukup banyak di kenal oleh para wisatawan, baik itu dari Garut maupun dari luar Garut seperti Bandung dan Jakarta.

Sebuah pantai dengan panorama pasir putih ang membentang luas serta panjang sejauh mata anda memandang. Pantai ini juga menjadi bagian dari Pantai Pameungpeuk Garut, dengan panorama sunset (Matahar Terbenam) dan Sunrise (Matahari Terbit) yang sering dilihat serta ombak yang terbilang besar pantaslah pantai ini disebut sebagai Pantai Santolo Garut atau Pantai Cilauteureun.  Pantai Santolo Garut adalah satu dari beberapa pantai indah yang ada di Garut Selatan selain Pantai Ranca Buaya dan Pantai Karang Paranje yang lokasinya sangat jarang sekali di jamah orang.




Sebenarnya, Pantai Karang Paranje ini bisa dikatakan lebih menarik dan indah dari pada Pantai Santolo, akan tetapi lokasinya yang jauh serta akses jalan yang tidak memadai untuk mobil membuat pantai ini kurang dikenal di Garut. Namun jika anda berkenan atau anda adalah seorang backpacker yang suka menjelajah jika anda berkunjung ke Garut Selatan atau ke Pantai Santolo sempatkanlah juga untuk mengunjungi Pantai Karang Paranje ini. Semoga kedepanya pemerintah dapat memperhatikan akses jalan untuk menuju ke Pantai Karang Paranje tersebut, semua itu juga demi kemajuan pariwisata Garut. Nah, jika anda berencana untuk berkunjung ke Pantai Santolo Pameungpeuk ini namun kurang tahu dengan rute perjalananya, berikut ini saya jelaskan rutenya.

Jalan Menuju Pantai Santolo Garut


Untuk akses jalan menuju Pantai Santolo Garut ini, anda dapat melihatnya di Google map, atau alternatif lainya, anda dapat melewati jalur Cileunyi - Garut - Pameungpeuk. Saat anda menggunakan jalur ini, anda akan melewati jarak sejauh 80 Km atau sekitar 3,5 jam, dengan jalan yang berkelok-kelok dan cukup tajam.

Jika anda wisatawan dari Jakarta, anda langsung saja menuju jalur tol Cileunyi lalau kearah Cicalengka dan Nagreg lalu anda belok kanan dan menuju arah ke Garut. Nah setelah sampai di Garut, jika anda tidak membawa kendaraan pribadi anda juga dapat menggunakan kendaraan umum dari terminal Guntur Garut anda dapat menggunakan Elf dengan jurusan Pameungpeuk, sementara jika anda berangkat dari daerah Cileunyi / Rancaekek anda dapat langsung menggunakan Elf jurusan Cikajang lalau dilanjutkan ke arah Pameungpeuk.



Selain rute diatas, anda juga dapat menggunakan Rute Bandung - Pangalengan - Cisewu - Rancabuaya. Untuk akses jalan ini sangat tidak saya rekomendasikan karena selain jalanya menuju arah ke Gunung akses jalan ini juga sedang diperbaiki karena ada beberapa kerusakan jalan. Anda dapat menggunakan jalur ini dari arah Dayeuhkolot - Banjaran - Pangalengan -  Cisewu - Rancabuaya. Untuk lebarjalan, jalur ini terbilang cukup besar yaitu mencapai empat meter.

Nah ada juga Rute Jalan Ciwidey - Rancabali - Cidaun - Rancabuaya - Bungbulang - Pameungpeuk. Untuk rute perjalanan ini terbilang cukup jauh dan juga belum tersedia kendaraan umum namun pemandangannya cukup bagus. Saat menuju rute ini anda akan melihat pemandangan seperti perkebunan teh, sungai, hutan, hamparan sawah hingga air terjun.

Saat berwisata di pantai di Garut Selatan ini bersama keluarga atau sahabat dan teman kerja anda, akan banyak hal yang akan anda temukan seperti dermaga perahu nelayan yang sekarang ini sedang dikembangkan menjadi salah satu tujuan Wisata di Garut yang indah. Nah, ketika anda mengunjungi pantai Santolo ini, anda juga dapat mengunjungi Pantai Sayang Heulang yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Santolo dengan pemandangan karang-karang besar yang tidak kalah menariknya dari pemandangan pasir putih dan ombak besar di Pantai Santolo Garut. Nah untuk lokasi dari Pantai Santolo ini sebenarnya tidak termasuk ke Kecamatan Pameungpeuk akan tetapi masuk ke kecamatan Cikelet, namun lokasinya lebih dekat ke Pameungpeuk dari pada ke Cikelet Garut.
Share this article :

1 comments:

  1. klo dari terminal guntur ke pantai santolo kan naik elf gan, nanti turun langsung k lokasi pantai santolo apa naek ojeg/angkot lagi?

    ReplyDelete

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

(0262) 2802539

Reservation via SMS or Whatsapp :

089660271603

081320405837

08192288626

082217300224

081214469062

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

081320405837

082217300224

email : hoteldigarut2@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger