Home » , » Pengalaman Mendaki Gunung Guntur Via Cikahuripan

Pengalaman Mendaki Gunung Guntur Via Cikahuripan

Rio Tkj - Mendaki gunung adalah salah satu olahraga ekstream yang banyak disukai oleh para petualang atau para backpacker. Namun tidak sedikit orang yang menganggap mendaki itu merupakan kegiatan atau hal-hal yang membuang waktu serta kurang kerjaan. Mereka berpikir bahwa orang yang naik gunung tidak menghasilkan apa-apa jika dilihat secara kasat mata. Tidak hanya itu, naik gunung bikin capek dan membuat energi banyak yang terkuras.

Kegiatan mendaki Gunung Guntur telah saya lakukan bersama rekan-rekan saya di Kampung pada malam pergantian tahun baru 2016 kemarin. Malam pergantian tahun baru adalah salah satu penyebab kami mendaki Tempat Wisata di Garut Gunung Guntur tersebut. Kami memilih tepat pada malam pergantian tahun supaya kenangan mendaki Gunung Guntur tersebut menjadi salah satu moment yang tak terlupakan. Rencana mendaki berawal ketika teman saya mengajak anak-anak pemuda di Kampung untuk mendaki, dan ketika itu cukup banyak para yang ingin ikut melakukan pendakian, kira-kira ada 11 orang.

Rencana pertama pendakian kami adalah Gunung Cikuray, namun karena 2 sebab Gunung yang akan kami daki berpindah menjadi Gunung Guntur. Sebab pertama pendakian ke Gunung Cikuray pada malam tahun baru akan sangat penuh oleh para pendaki-pendaki lain, sebab ke dua trek yang dilalui akan sangat sulit dikarenakan diantara kami ada beberapa orang yang baru kali ini melakukan pendakian seperti saya. hehe.. Jadi kami memilih Gunung Guntur untuk melakukan pendakian. Treknya memang sulit untuk para pendaki pemula akan tetapi tidak sesulit Gunung Cikuray.

Jalur Gunung Guntur Via Cikahuripan

Pada hari rabu malam tepatnya tanggal 30 Desember 2015 saya dan kawan-kawan mulai bersiap-siap untuk packing dan menentukan apa-apa saja yang akan dibawa mendaki nanti. Setelah berunding kamipun berencana membawa : 1 Tenda yang muat untuk 10 Orang, Kastrol untuk menanak nasi, Katel, dan alat memasak lainya, dan untuk keperluan masing-masing bebas membawa apa saja yang dibutuhkan, yang jelas dan yang wajib dibawa oleh kami adalah beras 1 kg. Setelah Packing selesai kami pun disarankan untuk beristirahat supaya besok tidak tidak terlalu lelah untuk pendakian dan kami pun pulang kerumah masing-masing dan saya langsung tidur untuk menunggu hari esok.

Matahari pun mulai terbit dan waktu menunjukan pukul 08.00 saya bersiap-siap untuk langsung berkumpul karena persiapan atau packing telah dilakukan malam tadi. dan Tepat pada pukul 08.30 kamipun sudah berkumpul di salah satu rumah teman saya Suhada Al-Sambi. Ketika itu kamipun melihat lagi barang-barang yang kami bawa, barang kali ada barang yang tertinggal untuk dibawa, maklum lah namanya juga manusia pasti banyak yang lupa.

Setelah semuanya selesai kamipun berangkat untuk pergi ke jalan, karena dari tempat rumah kami menggunakan kendaraan umum sampai ke Ciparay Sampireun karena pendakian Gunung Guntur kali ini via Cikahuripan bukan lewat Citiis. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, perkiraan kami 5 jam akan sampai di puncak. Namun jika melewati Citiis diperkirakan 9 jam baru akan sampai di puncak. Nah ketika kami sampai di Ciparay Sampireun perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki. Selama perjalanan kami melewati rumah-rumah warga serta perkebunan-perkebunan warga setempat. Hingga kamipun beristirahat di salah satu rumah terakhir yang ada di Desa Ciparay tersebut.

Kira-kira 15 menit kami beristirahat sambil menunggu teman saya yang lainya karena masih ada yang dibelakang. Perjalanan di atas dudah menunggu dengan trek yang mulai kelihatan sulit. Jalan berbatu besar serta menanjak mulai kami lewati sembari kami sedikit eksis, berfoto diatas trek yang mulai kelihatan sulit. Di trek ini kami banyak beristirahat karena selain jalanya menanjak jalan yang kami lewati pun berbatu jadi sulit untuk menentukan injakan.

Setelah beberapa kali beristirahat kamipun sampai di persimpangan jalan, disini ada 2 petunjuk arah, ada yang menunjukan ke Gunung Putri dan ada yang menunjukan ke Gunung Guntur Via Cikahuripan. Kamipun memilih Mendaki Gunung Guntur Via Cikahuripan karena itulah tujuan kami... hehe. Perjalananpun dilanjutkan hingga kami sampai diperbatasan disana terdapat sebuah rumah tempat para penjaga atau biasa disebut kuncen tinggal. Sejenak kami baeristirahat kembali sembari masak untuk kawan-kawan karena kelihatanya kami sangat lapar. Setelah selesai kami melanjutkan perjalanan dan ketika kami ingin langsung berjalan kamipun diberi arahan mana saja yang harus kami lewati dan dimana tenda yang harus kami bangun.

Setelah selesai kami langsung melanjutkan perjalanan sambil membawa salah satu tanaman pohon kayu kecil yang harus kami tanam diatas gunung yag gundul nanti supaya dapat bermanfaat untuk nanti. perjalanan menaiki atas bukit mulai kami lewati dengan jalan gunung yang sangat menanjak serta kabut yang menyelimuti sulit untuk melihat kedepan. Diperjalanan menaiki gunung kali ini kami bayak beristirahat karena sangat sulit sekali untuk naik, bukit demi bukit kami lewati dan akhirnya kami sampai di Puncak Gunung 1 dan kami beristirahat kembali sambai sedikit berfoto karena pemandangan yang sungguh indah sayang untuk dilewatkan.

Hingga kami berjalan kembali dan untuk menentukan tempat untuk membangun tenda nanti, waktu telah menunjukan pukul 17.00 kamipun mulai menaiki puncak kedua untuk membangun tenda karena banyak yang bilang di puncak kedua angin tidak terlalu tinggi jadi tidak berbahaya membangun tenda disana. Kami pun sampai dan langsung membangun tenda karena hujan mulai turun. Akhirnya saya sudah bisa beristirahat dan menikmati indahnya pemandangan di atas bukit kedua ini. Kami berencana naik ke atas puncak gunung ke tujuh besok nanti dan menikmati pemandangan dari atas gunung yang tinggi.