Friday, October 28, 2016

Daftar Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya.

Sama halnya dengan kota Garut, Kota Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki beragam aneka tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alamnya, wisata religinya maupun wisata pegunungan. Banyak tempat - tempat wisata di Bandung yang cocok untuk anda jadikan tempat untuk liburan akhir pekan anda bersama keluarga.

Liburan akhir pekan akan lebih menarik jika anda bersama keluarga ataupun teman maupun kerabat memilih tempat wisata yang tepat untuk menghabiskan masa liburan. Diantara tempat wisata di Bandung di bawah ini mungkin beberapa diantarnya dapat menjadi pilihan tepat anda. Selain tempat wisata yang indah, akses jalan menuju ke kota ini juga cukup mudah. Baiklah supaya anda tidak penasaran dengan objek - objek wisata yang ada di Bandung ada baiknya saya langsung berikan daftarnya.

Kawah Putih Bandung

Berikut ini daftar Tempat wisata di Bandung yang mungkin akan menjadi tujuan akhir pekan anda di weekend yang akan datang. 

Tempat Wisata di Bandung

Saya mulai dari yang paling populer di Bandung, yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Jarak dari kota Bandung untuk bisa sampai ke tempat wisata ini antara 20 - 30 KM dari pusat kota. Memang lumayan jauh akan tetapi bagi anda para pelancong wisata mungkin jarak tersebut adalah hal yang biasa. Gunung ini merupakan tempat wisata alam yang sudah atau paling terkenal di kota Bandung sejak jaman dahulu.

Gunung Tangkuban Perahu
Mungkin anda juga sering mendengar tentang sejarah Gunung Tangkuban Perahu ? Yah, Legenda Sangkuriang adalah salah satu bukti sejarah dari Gunung ini, Legenda tersebut mungkin sering anda lihat dalam acara - acara televisi. Sesuai dengan legenda tersebut, keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu ini adalah bentuk gunungnya yang menyerupai sebuah perahu terbalik yang dikatakan dalam legenda tersebut bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang hingga terbalik oleh Sangkuriang.

Gunung Tangkuban Perahu ini sekarang menjadi salah satu gunung berapi di Bandung yang terletak di perabatasan Subang dan juga Lembang. Bagi anda yang belum pernah mengunjungi gunung ini mungkin akan terkejut dengan pemandangan atau lukisan tuhan yang tiada taranya. Untuk itu sesegeralah kunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu ini, dan abadikan moment bersejarah tersebut dengan berfoto selfie dengan beckground yang indah tersebut. 

2. Kawah Putih Ciwidey 

Tempat Wisata di Bandung terpopuler ke - 2 selain Gunung Tangkuban Perahu adalah Kawah Putih Ciwidey. Jarak tempuh dari Bandung ke tempat wisata ini sekitar 50 KM di Selatan Kota Bandung. Tempat wisata ini juga sangat populer di kota Bandung, sudah banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai foto prewedding, tempat melukis, sampai pembuatan film.

Kawah Putih Ciwiday

Sejarah dari objek wisata ini dimulai pada saat terjadinya letusan hebat gunung patuha yang terjadi di abad ke - 10. Setelah kejadian tersebut tidak sedikit warga yang beranggapan bahwa lokasi kawah putih ciwidey tersebut angker. Anggapan warga tersebut terjadi karena banyak warga yang melihat setiap burung yang melewati kawasan tersebut akan mati. Seiring berjalannya waktu anggapan tersebut hilang karena dahulu ada seorang ahli botani berkebangsaan jerman melakukan penelitian disana. 

Setelah melakukan penelitian ternyata disana tidak seperti yang diceritakan warga sekitar malahan ahli botani tersebut menemukan keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat, dan kawah putih itulah yang sekarang dikenal sebagai kawah putih ciwidey. 

Yang menarik di Kawah Putih Ciwidey dan menjadi tontonan bagai para wisatawan yang datang adalah air yang terdapat di danau tersebut selalu berubah - rubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu dan cuaca. 


3. Trans Studio Bandung

Dari tempat wisata alam yang populer kita beralih ke tempat wisata buatan yang populer di Bandung yaitu Trans Studio Bandung. Berbeda dengan kawah putih ciwidey dan juga gunung tangkuban perahu, Trans Studio Bandung merupakan sebuah kawasan wisata rekreasi permainan yang berlokasi dengan Trans Studio Mall.

Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan objek wisata yang tak pernah sepi akan pengunjung. Meskipun sangat terbilang baru jika dibandingkan dengan objek - objek wisata lain, tempat ini banyak diminati oleh kalangan wisatawan dari berbagai kota di Indonesia.  Trans Studio Bandung adalah salah satu kawasan permainan dalam ruangan yang terbesar di dunia dengan lebih dari 20 jenis permainan yang seru.

Untuk bisa masuk ke Trans Studio Bandung ini, anda memerlukan biaya kurang lebih Rp. 150.000,- untuk hari Senin - Jum'at, dan Rp. 250.000,- untuk Sabtu - Minggu. Saat anda berwisata ke tempat wisata ini namun kemalaman, anda tak usah khawatir karena Trans Studio Bandung ini juga berdekatan bahkan menyatu dengan 2 hotel bertaraf international.

4. Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang, lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey. Hanya berjarak kurang lebih 7 KM. Sama halnya dengan 3 tempat wisata di Bandung di atas, Danau Situ Patenggang ini juga sangat diminati dan selalu dijadikan tempat untuk liburan bersama keluarga.

Danau Situ Patenggang

Selain tempatnya yang sangat cocok untuk liburan keluarga, objek wisata ini juga selalu ramai dikunjungi karena memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Di Danau Situ Patenggang anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang sangat menarik seperti menikmati pemandangan sambil berpiknik dan juga beremain perahu air di danau.

Dengan ketinggian yang mencapai 1.600 MDPL danau situ patenggang ini memiliki pemandangan yang indah dan juga sejuk karena disekitar area kawasan tersebut terdapat perkebunan teh. Luas untuk danau situ patenggang ini adalah sekitar 45.000 hektar dan termasuk kedalam bagian dari cagar alam Bandung yang memiliki luas lebih dari 123.000 hektare.


5. Kampung Gajah

Salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat cocok untuk liburan bersama keluaraga adalah Kampung Gajah. Disana anda akan menemukan banyak pilihan jenis wisata yang anda inginkan, dimulai dari wisata kuliner, wisata belanja, berbagai permainan air, dan juga berbagai permainan darat.

Kampung Gajah

Kampung Gajah atau Kampung Gajah Wonderland adalah sebuah alternatif wisata yang selalu menjadi tempat untuk liburan keluarga warga kota Jakarta, Bandung, Sukabumi dan sekitarnya. Bila mendengar namanya, mungkin anda akan beranggapan bahwa tempat tersebut merupakan tempat konservasi gajah atau kawasan perlindungan gajah yang dipenuhi dengan gajah - gajah pintar. Jika anda berpikiran seperti itu, maka anda salah ?

Walaupun bernama kampung gajah, akan tetapi kampung ini tidak mempunyai gajah sama sekali. Tema yang diusung di kampung gajah ini adalah " Wisata, Belanja, dan Kuliner". Sesuai dengan temanya itu, kampung gajah memiliki berbagai jenis wahana permainan yang sangat menyenangkan untuk liburan anda bersama keluarga tersayang anda.

6. Kebun Binatang Bandung

Jika di kota Garut ada Taman Satwa Cikembulan, Bandung juga mempunyai kebun binatang bernama Kebun Binatang Bandung. Lokasi kebun binatang ini tidak jauh dari salah satu fakultas terkenal di Bandung yaitu ITB.

Kebun Binatang Bandung

Berkunjung ke objek wisata ini mungkin bukan pilihan utama bagi warga Jakarta dan sekitarnya karena di Jakarta pun banyak terdapat kebun binatang. Namun apabila anda sedang berada di Bandung bersama keluarga tidak ada salahnya untuk berkunjung ke kebun binatang bandung ini, sekalian melihat perbandingan kebun binatang yang dibandung dan juga di Jakarta.

Selain itu, berkunjung ke kebun binatang itu sangat bagus untuk anak - anak baik itu untuk pemikirannya ataupun untuk pengetahuannya, dan anak kecil juga biasanya sangat suka dengan hewan. Harga tiket untuk masuk ke kebun binatang ini juga cukup murah yaitu Rp. 20.000,- / orang.

7. Kebun Strawberry Ciwidey

Kebun Stroberry Ciwidey adalah sebuah tempat dimana anda akan menemukan banyak sekali pohon stroberry di daerah Ciwidey Bandung. Disana anda dapat melihat dan berjalan - jalan di kebun stroberry yang sangat luas. Bukan hanya melihat dan juga berjalan - jalan, disana juga anda bisa memetik buah stroberry sesuai dengan keinginan anda.

Kebun Stroberry

Namun janga lupa, buah yang sudah anda petik berapapun itu harus anda bayar sesuai dengan timbangan, jadi usahakan anda jangan sembarangan memetik. hehe .. saya sarankan jika anda ingin memborong buah stroberry tersebut untuk cemilan di rumah usahakan anda datang pada musim kemarau supaya kualitas stroberry yang akan anda dapatkan nanti lebih bagus.

8. Air Panas Ciater

Satu lagi tempat wisata di Bandung yang paling ramai dikunjungi saat weekend maupun weekdays yaitu Air Panas Ciater. Berada di perbatasan Subang, air panas ciater ini menawarkan sarana rekreasi air panas yang mengalir ke kolam - kolam yang akan menyegarkan kembali tubuh anda.

Air Panas Ciater

Terletak sekitar 30 KM dari sebelah utara kota Bandung, objek wisata air panas ini juga dipercaya akan memberikan kesehatan bagi para wisatawan yang berenang. Sumber air panas ini berasal dari sebauh kawah aktiv di Gunung Tangkuban Perahu. Rilexs berendam di air panas ciater ini mungkin akan memberikan kesan yang nyaman untuk anda.


9. Museum Geologi Bandung

Beralokasi di Jalan Ponegoro dekat dengan gedung sate bandung, Museum Geologi Bandung menawarkan berbagai ilmu ilmu pengetahuan tentang sejarah fosil dinosaurus. Museum Geologi Bandung sumber ilmu yang cocok untuk anak - anak. Museum ini sangat di jaga dan di rawah oleh pemerintah.

Museum Geologi Bandung

Kebanyakan wisatawan yang datang ke moseum ini selain dari wisatawan luar kota yang mengadakan gathering atupun outing juga tempat ini sering di pakai untuk study tour dari sekolah - sekolah, baik dari kota bandung maupun dari luar kota Bandung.

10. Saung Angklung Mang Udjo 

Yang terakhir, yang akan saya bahas mengenai Daftar Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya di website rio.hdgteam.com ini adalah Saung Angklung Mang Udjo. Untuk informasi jelasnya mengenai saung angklung ini, anda dapat lihat di postingan saya selanjutnya.

Saung Angklung Mang Udjo
Untuk inforamsi seputar tempat wisata di Garut dan sekitarnya, anda dapat melihatnya di website utama kami di http://www.wisatadigarut.com. Jika anda ingin melakukan kegiatan gathering ataupun outing seputar kota Garut dan sekitarnya anda dapat menghubungi langsung HDG Team (Trip Planner & Event Organizer).




Reactions:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Hotel di Garut Updated at: 9:30 PM

0 comments:

Post a Comment