Tuesday, January 24, 2017

Kampung Dukuh Wisata Budaya di Garut

"Kampung Dukuh" 

Kampung Adat Dukuh

Kampung Dukuh terletakdi Kabupaten Garut tepatnya di Desa Cijambe, Kecamtan Cikelet. Untuk mencapai kampung dukuh, dari pusat kota Garut berjarak sekitar 120 km atau dari Desa Cijambe berjarak 1,5 km. Dapat di tempuh 4 jam dari pusat kota Garut dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau kendaraan roda dua atau kendaraan bermotor, namun aksesibilitas menuju ke Kampung Dukuh kondisinya berbatu sehingga mobil harus dalam kondisi prima dan kendaraan seperti bus besar tidak dapat di tempuh. 

Tiket masuk melewati portal 2 kali dengan masing - masing biaya Rp. 5.000 Kampung Dukuh adalah desa adat dengan mata pencaharian utama masyarakat di desa ini adalah bertani. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat menggunakan kekayaan alam untuk memenuhi kebutuhannya seperti mengambil air dari sungai dan mengambil kayu bakar dari hutan. 

Kampung ini memegang kearifan lokal budaya dengan budaya islami yang terjaga secara turun temurun. Kampung ini dapat dikunjungi oleh umum. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh wisatawan adalah belajar mengenai kegiatan sehari-hari seperti berkebun dan menanam padi, belajar mengenai budaya islam yang diterapkan di Kampung adat ini, ziarah makam Syekh Abdul Jalil yang merupakan penyebar agama islam di Kampung Dukuh. 

Selain itu, wisatawan juga dapat bermalam di rumah penduduk dan dihidangkan menu makanan khas Sunda tanpa dikenakan biaya. Untuk mengenal budaya Kampung Dukuh dan berkeliling melihat kehidupan sehari-hari dapat dilakukan satu hari. Wisatawan dapat memberi donasi sesuai dengan keinginan wisatawan karena tidak ada minimal pemberian donasi. 

Jika Anda berminat mengunjungi lokasi wisata ini dengan membawa rombongan ada baiknya saya merekomendasikan untuk Anda menghubungi HDG Team (Trip Planner & Event Organizer) sebagai pendamping wisata Anda disana. Atau jika Anda menginginkan wisata - wisata lainya di Garut Anda juga dapat melakukannya bersama HDG. Karena selain sudah berpengalaman selama 6 tahun lebih, Travel Wisata tersebut juga selalu memberikan pelayanan yang terbaik.



Reactions:
Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Hotel di Garut Updated at: 5:15 PM

0 comments:

Post a Comment