Home » » Pengertian, Peraturan dan Cara Bermain Bentengan

Pengertian, Peraturan dan Cara Bermain Bentengan

Bentengan dikenal di beberapa daerah di Indonesia. Istilah itu dikenal di Sumatera Selatan. Di Lampung seringkali dikenal sebagai rerebonan. Sumatera itu di daerah Jawa Barat dan di daerah lain juga dikenal dengan nama Prisprisan, omer, jek - jekan.

Permainan Bentengan

Pada prinsipnya bentengan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelopok, masing-masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing-masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, pohon atau pilar sebagai 'benteng'. 

Tujuan Permainan


Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih 'benteng' lawan dengan menyentuh pohon, tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan ketika menyentuh markasnya. Meneriakan kata "benteng!" Berarti telah memenangkan permaianan, kemudian permainan dapat dimulai lagi. Kemenangan juga bisa diraih dengan 'menawan' seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi 'penawan' dan yang 'tertawan' ditentukan dari waktu terakhir mereka saat si 'penawan' atau 'tertawan' menyentuh 'benteng' mereka masing-masing. 

Orang yang paling dekat waktunya ketika menyentuh benteng berhak menjadi 'penawan' dan bisa mengejar dan menyentuh anggota lawan untuk menjadikannya tawanan. Tawanan biasanya ditempatkan disekitar benteng musuh. Tawanan biasanya ditempatkan disekitar benteng musuh. Tawanan juga bisa dibebaskan bila rekannya dapat menyentuh dirinya. Kejar-kejaran antar pemainpun terjadi maka diperlukan tenaga ekstra.

Dalam permainan ini, biasanya masing-masing anggota mempunyai tugas seperti 'penyerang', 'mata-mata.'pengganggu', dan penjaga 'benteng'. Permainan ini sangat membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal. 


Peraturan 


1. Setiap personil pada kedua benteng harus menyentuh benteng. Hal ini menandakan bahwa status personil tersebut adalah baru. Kalau dia agak lama tidak menyentuh benteng, maka status personil tersebut akan disebut lama. 

2. Personil yang berstatus lama, dapat dikejar, diburu, dan ditawan oleh personil dari benteng lawan yang berstatus baru.

3. Jika personil lama sedang berada atau berlari di luar benteng dapat menjadi tawanan lawan jika disentuh oleh personil dari benteng lawan yang berstatus baru.

4. Personil yang menjadi tawanan akan berdiri bergandengan di dekat benteng lawan yang menawannya. Para tawanan tidak dapat lagi bebas memburu atau menyerang sampai mereka dapat dibebaskan.

5. Para tawanan dapat dibebaskan oleh teman dari bentengnya dengan cara menyentuh teman-temannya yang menjadi tawanan tersebut.

Cara Permainan

1. Kumpulkan teman sebanyaknya. Kemudian, bagi menjadi 2 kelompok.

2. Cari benteng masing-masing, boleh pohon, tiang listrik, pager, dll.

3. Ketua kelompok melakukan suite 3x.

4. Kelompok yang menang harus merebut benteng lawan.

5. Permainan dimulai dengan maju satu-persatu untuk memancing anak buah lawan keluar dari benteng dan mengejar kita.

6. Pemain yang memancing jangan sampai tersentuh lawan, kalau tersentuh jadi tahanan, tidak boleh kembali ke benteng sendiri.

7. Supaya bisa bebas, teman kita harus berusaha menyelamatkan, keluar dari benteng, pegang teman yang ditahan, lawan mengejar, lari cepat.

8. Sebisa mungkin mendekati benteng lawan, kalau sudah dekat, pegang bentengnya, teriang 'BENTENG'.

9. Tandanya benteng sudah berhasil kita rebut.

10. Kalau ada tahanan otomatis bebas semua.

11. Akhir permainan satu kelompok dapat memenangkan permainan jika salah satu personil mereka dapat menyentuh benteng lawan tanpa disentuh oleh lawan yang mempertahankan benteng yang diserang tersebut. Setelah ada yang menang dan kalah, maka permainan selesai dan dapat dimulai kembali dari awal. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger