Home » » Pengertian Teknik Bermain Permainan Bola Bekelan

Pengertian Teknik Bermain Permainan Bola Bekelan

Bekelan berasal dari bahasa Belanda, bikkelen. Bekel ini terdiri dari sebuah bola bekel dan lima buah biji bekel berbentuk logam. Ada yang terbuat dari kuningan, dan ada yang terbuat dari bahan timah. 

Pada awalnya biji bekel dibuat dari engsel tulang tumit kaki belakang domba. Namun, karena sulit didapatkan, sekarang dibuat dari logam. Bentuk biji bekel nyaris seragam di berbagai negara. Tidak mengalami perubahan sejak dahulu. Terdiri dari empat biji bekel dan satu bola bekel. 

Bekelan 
Logam ini memiliki bentuk yang khas. Terdiri dari permukaan kasar yang ditandai dengan lubang - lubang kecil dipermukaannya berjumlah lima titik, permukaan halus yang ada tanda silang atau polos sama sekali, permukaan atas yang ada bintik merahnya, dan permukaan bawah yang tidak ada tanda catnya. 

Nama bekelan atau bekel berasal dari nama bola yang dipakai yaitu bola yang terbuat dari karet yang disebut dengan bola bekel. Bekelan adalah permainan anak yang kebanyakan dimainkan oleh anak perempuan. Yang dibutuhkan dalam permainan ini yaitu bola karet sebesar bola pingpong kemudian timbel yang berupa misalnya kacang, batu kecil, kelereng atau yang lain yang penting ukurannya pas ditangan dengan jumlah 5 (lima). 

Permainan pertama harus mulai dengan semua biji dalam satu tangan dan bijinya akan dijatuhkan waktu bola dilempar masih ada di udara. Setiap kali dilempar, bolanya hanya bisa menyinggung lantai satu kali, sebelum pemain menangkapnya. Habis itu, setiap kali bolanya dilempar, pemain akan mengambil satu biji dan menangkap bolanya dengan tangan yang sama, sampai semua biji dilantai sudah habis. 

Pemainnya bisa terus bermain dengan menaikan jumlah biji yang diambil setiap bagian, sampai dia bisa mengambil semua bijinya dalam satu kali. Lalu, permainannya akan dibuat lebih sulit dengan menambah satu aturan yang lain pada aturan yang ada : 

Mula-mula permainan harus mengganti semua biji diatas dulu, baru dia bisa mengambil satu biji setiap kali sampai semua bijinya habis. Habis itu, pemain harus melempar biji dilantai lagi. Kemudian, dia harus memutar biji seperti dulu. Lalu, dia akan mengambil dua bijisetiap kali sampai semua bijinya habis. Ini meneruskan sampai semua bijinya bisa diambil dalam satu kali. Kalau kebetulan biji jatuh dari tangannya waktu sedang bermain, pemainnya juga harus berhenti, jadi lawan bisa mulai. Pemain yang bisa bermain lebih banyak macam yang berbeda adalah pemenangnya. 

Teknik Bermain


Permainan ini dilakukan dengan cara menyebar dan melempar bola ke atas dan menangkapnya setelah bola memantul sekali di lantai. Kalau bola tidak tertangkap atau bola memantul beberapa kali maka pemain dinyatakan mati. 

1. Pemain menggenggam seluruh biji bekel dan menyebar seluruhnya ke lantai sambil melempar bola bekel ketas dan menangkapnya. Biji bekel diambil satu-satunya sampai habis. Ulangi lagi menyebar seluruh biji bekel dan diambil 2 biji bekel, diambil dengan 3 biji bekel, diambil 4 biji bekel, terakhir lima biji bekel diraup sekaligus. 

2. Balik posisi bekel menghadap keatas semua satu persatu. Ulangi terus sampai seluruh permukaan bekel menghadap keatas semua. Lalu ambil satu bekel, ambil 2 biji kebel, ambil 3 biji bekel, ambil 4 biji kebel, terakhir raup seluruh biji bekel. 

3. Balik posisi biji bekel menghadap kebawah dan ulangi langkah seperti langkah kedua dengan mengambil biji bekel 1,2,3 dan seluruhnya. 

4. Balik seluruh posisi bekel bagian permukaan yang halus menghadap ke atas lalu ambil biji bekel seperti langkah ketiga..

5. Balik posisi bekel posisi permukaan kasar menghadap ke atas semua, lalu ambil biji bekel seperti langkah sebelumnya. 

6. Langkah terakhir dinamakan nasgopel. Balik posisi biji bekel menghadap ke atas semua, kemudian balik lagi semuanya menghadap kebawah semua, terus permukaan halus menghadap keatas semua, dan terakhir balik satu persatu permukaan kasarnya menghadap keatas semua. Raup seluruh biji bekel dalam sekali genggaman. Bila ada kesalahan dalam langkah nasgopel ini pemain harus mengulang ke langkah awal nasgopel. Pemain yang bisa melewati tahap ini dinyatakan sudah menang dan berhak untuk istirahat sambil menonton teman - temannya yang belum bisa menyelesaikan permainan. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger