Home » » A. Kasoem

A. Kasoem

Atmaja Kasoem

Anak ke 4 dari 7 bersaudara lahir di Kadungora 9 Januari 1916, pengusaha kacamata dan ahli optik pertama di Indonesia. Untuk menjadi seperti ini perjuangan dan usaha Kasum sangatlah berat, terlebih saat itu perekonomian dikuasai orang - orang asing, Yaitu Belanda, China dan Arab.

Setamat sekolah desa, Kasum melanjutkan ke Schakel School dan Taman Dewasa Perguruan Taman Siswa. Setelah itu menggeluti kursus dagang sambil bekerja sebagai penjaga kecamata dari rumah ke rumah di toko kacamata milik orang Jerman Kurt Schlosser di Jalan Braga. Melihat kesungguhan Kasum, Kurt Schosser mendorong Kasum untuk lebih bersungguh-sungguh dalam usaha kacamata. Karena di zaman modern kacamata akan semakin dibutuhkan orang, Kasum diajari pengetahuan tentang optik dan usaha perkacamataan. Berkat kesungguhannya Kasum dapat membuka toko sendiri di Jalan Pungkur, itulah toko kacamata pertama bangsa Indonesia. 

Putra seorang petani, sejak masih sekolah aktif dalam pergerakan kebangsaan. Ia aktif dalam bahasa Indonesia muda, mengikuti ceramah-ceramah Bung Karno (Parfindo) dan Bung Hatta (PNI Pendidikan). Maka ketika usahanya sudah maju ia banyak memberi bantuan pada pejuang kemerdekaan bangsa, sehingga berkenalan dengan peminpin - peminpin nasional. Pada masa pendudukan Jepang atas bantuan Bung Hatta dan Ki Hajar Dewantara, ia membuka toko kacamatadi Jalan Braga yang merupakan toko kacamata pertama dan milik Bangsa Indonesia. Ketika agresi Belanda, Kasum aktif dalam Palang Merah Indonesia (PMI) dan ketika Bandung Lautan Api, terpaksa Kasum meninggalkan tokonya di Jalan Braga dan memindahkannya ke Tasikmalaya. 

Atas saran Bung Hatta yang saat itu wakil presiden, Kasum membuka toko kacamata di Klaten (1946). Setelah pengakuan kedaulatan, ia kembali ke Bandung (1950) dan tokonya di Jalan Braga telah dikuasai oleh keturunan Cina. Setelah diperjuangkan di tahun 1952 atas putusan pengadilan negri Bandung, Kasumlah pemilik yang sah dan Kasum pun memperluas jaringan toko-toko kacamata di berbagai kota. Ia pun terus belajar pengetahuan-pengetahuan tentang optik, dan tahun 1960 ia pergi ke Jerman menjadi praktikan di pabrik milik Dr. Herman Gebest. 

Setelah beberapa tahun belajar dan menguasai ilmu pengetahuan kacamata baik teoritis maupun praktis ia pulang ke tanah air dan mendirikan pabrik optik pertama di Indonesia, yang terletak di Desa kelahirannya Kadungora (tahun 1974) dan ia menurunkan ilmunya ke anak, cucunya.

Itulah sedikit sejarah tentang salah satu Tokoh Asal Garut bernama Kasoem.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger