Home » » Ace Hasan Su'eb

Ace Hasan Su'eb

Ketertarikannya pada tembang Sunda, mendorong Ace yang saat itu relatif berusia muda untuk terus berguru dan berguru. Pada usai 11 tahun di tempat kelahirannya Garut, ia berguru pada ibu Isih dan R. Cucu. Bukan hanya berguru tembang Sunda, Ace pun belajar pencak silat kepada Ceng Embas dan Ceng Edeh di pasar kemis dan Ceng Abdurahman di Kampung Jati. 

Semasa revolusi fisik Ace menjadi tentara pelajar dan setelah penyerahan kedaulatan ia pindah ke Bandung untuk melanjutkan pendidikan. Ace yang terlahir sebagai orang Sunda asli yaitu terlahir di Garut 10 September 1931. Setelah pindah ke Bandung pun tidak menyurutkan minatnya terhadap tembang Sunda. Ia pun berguru kepada R. Entip Surakusumah dan untuk silat berguru kepada R. Ema Bratakusumah. 

Pada tahun 1955 Ace tercatat sebagai mahasiswa tehnik mesin ITB, dan hanya bertahan 1 tahun. Selanjutnya masuk IKIP jurusan ilmu pasti alam dan hanya sampai tingkat 3. dan pada akhirnya bekerja di Ispektorat Jendral Departemen Pertanian Bandung sampai Pension tahun 1983. 

Kecintaan Ace pada dunia tembang Sunda tidak hanya sebatas sebagai penembang saja, melainkan ikut berkecimpungan dalam pengelolaan organisasinya, antara lain: sebagai pendiri Padepokan Tembang Sunda Pancaniti Cianjur, Yayasan Panglawungan Pameger Asih (1991-1995), organisasi nonomon sunda dan sampai saat ini tercatat sebagai pengurus besar Paguyuban Pasundan. Ketika masa kuliahpun Ace ikut serta mendirikan Damas (Daya Mahasiswa Sunda) dan saat itu Ace menciptakan lagu "Lengendria" dan menjadi lagu wajib Damas. 

Selain kecintaanya pada tembang Sunda, diapun pernah menulis beberapa buku tembang sunda antara lain "Wawasan Tembang Sunda" demikian pula dalam kegiatan pasanggiri tembang Ace kerap menjadi juri. Ace Hasan Su'eb ini merupakan salah satu tokoh Garut yang wajib untuk Anda ketahui. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger