Home » » Ahmad Sadali

Ahmad Sadali

Ahmad Sadali
Profesor yang menyenangi musik klasik, membaca dan tamasya lahir dari keluarga saudagar batik, pengusaha percetakan, pemilik sawah dan kebun. Ayahnya yang cukup dikenal yaitu Haji Muhammad Djamhari, maka tidak ada kesulitan bagi Ahmad Sadali untuk menempuh pendidikan. Ia menempuh pendidikan di HIS Boedi Priyayi di Garut (1938). Mulo Pasundan Tasikmalaya (1941), AMS dan SMT di Jogyakarta (1945). Fakultas teknik Universitas Indonesia jurusan seni rupa, sekarang menjadi ITB.Ia kemudian memperoleh beasiswa dari rockefeller Foundation untuk belajar ke Amerika di Iowa State University, ARTS Teacher Collage di Universitas Colombia (1956-1957). Sekembali dari Amerika, Dali (panggilan kecilnya) mulai mengembangkan seni lukis dengan gaya khas dalam corak abstrak yang dipadukan dengan tema-tema spiritualitas dan mistisisme Islam, sehingga seorang pelukis yang memiliki reputasi di tingkat nasional, regional dan dunia Islam ini, tidaklah berlebihan kalau ia mendapat berbagai penghargaan Anugrah senid ari pemerintah RI tahun 1972.

Karya lukisnya pernah memenangkan hadiah utama pada Biennal seni seni lukis nasional akademisi, seniman, aktifis pergerakan Islam mempresentasikan kepribadian muslim modernis yang berpijak pada sumber ajaran kerohanian, Islam, Tauhid dalam karya-karyanya. Sedangkan unsur modernitasnya karya Dali mengjangkau estetika, cultural dab intelektual. Mengenai karya lukisnya itulah Ahmad Sadali dikenal sebagai salah satu Tokoh Garut.

Tahun 1980 lukisan Ahmad Sadali merupakan salah satu ungkapan yang mewakili pencapaian religiusnya yang berjudul "Gunung Emas" dengan karya tersebut bagaimana Ahmad Sadali melakukan Dzikir, mencurahkan kepekaan mata batinnya dengan elemen-elemen visual. Menurutnya seni adalah Dzikir, semakin canggih kemanpuan berdzikir semakin peka mata batinya. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger