Home » » Akil Prawiradiredja Tokoh Asal Garut

Akil Prawiradiredja Tokoh Asal Garut

Pensiunan prawira tinggi AD dengan pangkat terakhir masa pensiunannya Brigjen (Purn) adalah pendukung terlaksananya Kongres Pemuda Sunda (1956). Bersama-sama Ir. H. Juanda Iwa Kusumasomantri, Syafrudin Prawiranegara, Sanusi Hardjadinata juga membentuk organisasi Riungan masyarakat Sunda. Pejuang revolusi ini mulai mengenal kemiliteran ketika bala tentara Jepangmenaklukan Belanda (1942). Ketika ia duduk di kelas terakhir HBS Bandung. Sebagai pemuda pada waktu pembentukan PETA (Pembela Tanah Air) ikut dilatih di bogor untuk menjadi prawira cadangan seangkatan dengan Umar Wirahadukusumah, Amir Mahmud, dll. Selesai pendidikan PETA, di tempatkan di daerah Tasikmalaya. 

Pada awal revolusi memimpin Brigade III Siliwangi dengan pangkat Mayor. Kemudian menjadi kepala Bagian I Kesatuan Reserve Umum (KRU) Divisi Siliwangi. Tahun 1948 dipindahkan ke Sumatera menjadi penguasa daerah Bangka, Bildon, Riau (Babiri) sebagai Gubernur Militer. Sekembali dari Sumatera, diangkat sebagai prawira diperbantukan kepada kepala staf Angkatan Darat. Tahun 1953-1955 menjadi menjadi Komandan Komando Militer kota besar Jakarta (KMK BRD), sekarang menjadi Kodam V/Jaya.

Putra Garut terlahir dengan nama lengkap Raden Haji Akil Mohammad Prawiradiredja. Pada tahun 1957 ditahan karena alasan tidak pernah jelas, walaupun orang menganggap karena keterlibatannya dalam gerakan daerah dan karena erat hubungannya dengan kolonel Zulkifli Lubis yang dianggap sebagai biang keladi gerakan-gerakan kedaerahan para prawira menengah di berbagai daerah. Tahun 1962, ia dibebaskan tanpa diajukan kepada pengadilan atau perkaranya dibikin terang. Tidak juga dikeluarkan dari dinas ketentaraan tapi tidak diberi jabatan sampai masa pensiunannya. Dan ketika didalam tahanan, pangkatnya dinaikan menjadi Brigadir Jendral. Setelah pensiunan, pernah menjadi Direktur Utama Perum Sanghyang Sri dilingkungan Departemen Pertanian, kemudian menjadi komisaris Perusahaan Perkebunan pemerintah di Sumatera. Sebagai orang Jawa Barat, Akil menaruh perhatian besar dan aktif memperjuangkan kepentingan rakyat dan daerah Jawa Barat, ia termasuk pendiri pengurus dari yayasan pembangunan Jawa Barat. Akil kembali keharibaannya di Bandung 25 April 2000. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger