Home » » RD. Ayu Lasminingrat

RD. Ayu Lasminingrat

Rd. Ayu Lasminingrat
Raden Ayu Lasminingrat terlahir tahun 1843 sebagai putri seorang penghulu Limbangan yang juga sastrawan sunda yang terkenal pada jamannya, yaitu Raden Haji Muhamad Musa dan Raden Ayu Ria. Raden Ayu Lasminingrat bersaudarakan 2 orang perempuan yang seibu-seayah yaitu RD. Ratnaningrum dan Nyi Rd. Lenggang Kencana. Rd. Haji Muhamad Musa sangat memperhatikan pendidikan putri-putrinya yang berjumlah 17 orang dari beberapa istri untuk bersekolah di sekolah Belanda. Dan saat itu di Garut belum ada sekolah semacam itu maka Rd. Muhammad Musa mendirikan sekolah Eropa dengan mengaji 2 orang guru Eropa. Disekolah tersebut orang Belanda dapat bersekolah bersama-sama dengan orang pribumi.

Rd. Ayu Lasminingrat termasuk murid yang cerdas, dia sangat pasih dalam bahasa Belanda. BAhkan Karel F. Holle, seorang administrator perkebunan teh waspada Cikajang sangat memuji Rd. Ayu Lasminingrat yang begitu tepat menyadur dan menterjemahkan cerita-cerita karangan Grim (Cerita dari negri dongeng) ke dalam bahasa Sunda. Lasminingrat juga terlibat "proyek" penyusun buku-buku pelajaran Sunda yang dibiayai oleh pemerintah Belanda dan buku-buku yang diterjemahkan dan diterbitkan menjadi buku bacaan HIS, Schakelschool, dll hingga akhir penjajahan Belanda. 

Sebagai putri seorang sastrawan terkemuka, Lasminingrat yang diwarisi bakat dari Ayahanda, telah menulis buku, menerjemahkan ataupun menyadur antara lain : Tjerita Erman, Ki Pawitra sehingga cerita asing dan menjadi "membumi" dan memberinya warna Islam. Dan juga pada tahun 1876 Lasminingrat menulis buku warnasari atau rupa-rupa dongeng. Dalam karya-karyanya ia mencoba menanamkan rasionalisme dalam dunia pribumi yang masih ber-alam tradisional yang diwarnai tahayul. dan ia pun mengedepankan soal pengetahuan dasar baik tentang alam (tentang  mata air, cahaya) tumbuh-tumbuhan termasuk tentang ke Tuhanan. Rd. Ayu LAsminingrat pengarang perempuan pertama dalam bahasa Sunda yang menggunakan kata ganti pertama dengan kata Koela (artinya saya). 

Peran Rd. Ayu Lasminingrat dalam dunia pendidikan dibuktikan dengan didirikannya sekolah Keutamaan Istri yang bertempat di pendopo (1907) dan ketika kabupaten Limbangan menjadi Kabupaten Garut (1913) ia pindah dari pendopo ke sebuah rumah di Regensweg (sekarang jalan Siliwangi) yang sekarang menjadi Yogya Depstore; dan masa pendudukan Jepang sekolah keutamaan istri itu diganti namanya menjadi sekolah rakyat (SR) dan sejak tahun 1950 menjadi SDN Ranggalawe I dan IV yang kini berubah menjadi SDN Regol VII dan X. 

Mengingat begitu besar jasa Rd. Ayu Lasminingrat dalam dunia pendidikan sebagai pionir pendidikan di Indonesia dan merupakan "PR" besar bagi masyarakat Garut untuk memperjuangkan agar beliau menjadi pahlawan nasional. Menurut pemerhati sejarah dan budaya Kabupaten Garut Deddy Efendie salah satu unsur yang dinilai memiliki Andil menenggelamkan ketokohan Rd. Ayu Lasminingrat adalah pers nasional sehingga nama Rd. Ayu Lasminingrat begitu asing di masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa Barat. 
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Hitstats

Contact US

Hub. Kami

CV Hotel di Garut

Pemandu Wisata Garut

Trip Planner & Tour Organizer

Alamat : Jambansari Rt. 004 Rw. 004

Alun-alun Bayongbong - Garut

No. Telepon Kantor :

085320907979

Reservation via SMS or Whatsapp :

089661436415

085320907979

Fast Respone Detail Information

(Data Center & Tourism Consultant):

089661436415

085320907979

email : kiowaluyo@gmail.com

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger