Home » » Menikmati Pesona Alam Pantai Puncak Guha Yang Menawan

Menikmati Pesona Alam Pantai Puncak Guha Yang Menawan

Salah satu wisata pantai di Garut Selatan yang termasuk ketegori sebagai pantai yang tersembunyi adalah Pantai Puncak Guha. Pantai ini memiliki pesona alam yang luar biasa, sehingga banyak orang / wisatawan rela jauh-jauh berwisata ke pantai ini. Bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya, anda harus mencoba datang dan rasakan sensasinya. Namun sebelumnya jangan dulu berangkat sebelum membaca informasi lengkapnya di bawah ini !

Sekilas Tentang Pantai Puncak Guha 


Pantai Puncak Guha termasuk kategori pantai tersembunyi di Garut selatan. Termasuk tersembunyi disini artinya untuk mencapai pantai ini Anda membutuhkan tenaga dan kesabaran yang ekstra. Lokasinya yang terbilang sangat jauh dan juga akses jalan yang terbilang berat yang akan Anda lalui untuk bisa sampai kelokasi. Namun karena memiliki pemandangan yang indah masih banyak wisatawan yang rela menjalani hal tersebut demi bisa sampai ke pantai puncak guha.




Nama puncak guha sendiri saya belum tahu pasti dari mana datangnya. Namun perkiraan saya ketika saya mengunjungi tempat tersebut. Nama tersebut berasal dari satu guha yang terdapat disana yang menjadi sarang dari ribuan kelelawar. Hal itu menjadikannya tempat ini sebagai lokasi yang unik dan juga menarik untuk dikunjungi. Dan Guha kelelawar itulah yang menjadi salah satu dari daya tarik wisata pantai ini.

Pemandangan Pantai Puncak Guha 


Mungkin selama ini Anda wisatawan yang sering main ke wisata pantai di Garut selatan hanya tahu Wisata Pantai Santolo lah yang memiliki pemandangan yang menawan. Namun pemikiran Anda tersebut akan sirna ketika mengunjungi pantai puncak guha ini. Anda tahu Novel tentang perahu kertas ? Pantai Puncak Guha inilah yang menjadi tempat dari novel tersebut. 

Mungkin pantai umumya memiliki pasir putih harus yang membentang, atau memiliki karang di bibir pantainya. Namun Anda tak bakal menemukan hal tersebut disini. Di Pantai Puncak guha Anda hanya akan menemukan tembing tinggi yang langsung berbatasan dengan laut selatan. Anda bisa lihat hal tersebut di Gambar di bawah ini !

Pantai Puncak Guha 
Bagaimana benar bukan apa yang saya katakan ? Pantai Puncak Guha ini sangat cocok dikunjungi apabila menjelang sore atau pagi hari. Pemandangan yang menawan disini akan begitu terlihat jelas. Nah selain hanya pemandangan, disini juga Anda bakal menemukan salah satu goa yang penuh dengan kelelawar yang sedang tertidur. 

Goa tersebut bisa Anda lihat secara langsung dengan jarak yang dekat. Namun untuk melihat goa tersebut Anda jangan berpikir akan ada guide yang mendampingi Anda. Disini hal itu tidak akan terjadi, jika Anda mempunyai keberanian Anda bisa lihat sendiri dari dekat. Namun jika Anda tidak berani Anda bisa melihatnya dari kejauhan. 

Goa Kelelawar Pantai Puncak Guha
Disini Anda tidak disarankan untuk mengganggu kelelawar-kelelawar yang sedang tertidur tersebut. Baik itu dengan melemparkan batu atau dengan menggunakan kayu. Anda disini hanya disarankan untuk memfotonya yah sobat. Ingat hal itu !!! 

Pantai Puncak Guha ini sekarang sering ada yang mengunjunginya walaupun tidak banyak. Paling hanya wisatawan dari anak-anak muda bermotor atau para penjelajah wisata saja, seperti nekad traveler ataupun native indonesia. Selain itu wisatawan yang sering berkunjung juga kebanyakan adalah wisatawan dari anak-anak muda lokal disana. 

Akomodasi 


Untuk Anda yang berencana melaksanakan kegiatan liburan ke tempat wisata pantai yang satu ini. Disarankan untuk membawa bekal makanan dari rumah atau membelinya di perjalanan. Mengingat akomodasi disini yang masih kosong molongpong. 

Yah benar, pantai ini masih belum terkelola oleh pemerintah. Pengelola disini hanya beberapa orang dari warga lokal disana. Tidak ada warung-warung kecil disini apalagi restoran. Belum ada tempat menginap disini apalagi hotel. Akomodasi yang ada disini hanya ada dua saung atau gazebo yang sekarang ini kondisinya sudah rusak. 

Bila Anda ingin makan karena lapar, mungkin Anda bisa menemukan restoran di wilayah rancabuaya, begitupun dengan penginapannya. Jaraknya sekitar 2 KM anda baru bisa menemukan penginapan atau restoran tempat makan. Jadi Anda yang ingin atau berencana melakukan kunjungan wisata kesini, mohon di maklum yah :). 


Akses Jalan 


Akses jalan menuju ke lokasi pantai puncak guha ini terbilang cukup rumit kawan. Anda bakal menemukan banyak belokan dan juga perempatan. Oleh karena itu bagi yang ingin berwisata kesana disarankan membawa seseorang yang sudah pernah berkunjung. 

Begitupun dengan angkutan umumnya yang masih terbilang sedikit. Anda juga tidak disarankan untuk naik angkutan umum kesini, ada baiknya membawa mobil atau kendaraan pribadi lainya. Ada dua jalur yang bisa Anda gunakan untuk bisa sampai kesini. Kedua jalur ini sama tantangannya yaitu harus melewati belokan dan tanjakan yanga tajam. 

  • Jalur Garut - Cikajang - Pameungpeuk - Rancabuaya 
  • Jalur Bandung - Pangalengan - Rancabuaya 
Namun yang saya saya sarankan untuk saat ini yang ingin berwisata kesana bisa menggunakan jalur yang kedua yaitu jalur selatan. Karena akses jalan kesana sekarang sudah diperbaiki dengan baik. Selama diperjalanan kalau sudah masuk kekawasan rancabuaya ataupun pameungpeuk, Anda bakal dimanjakan dengan pemandangan disana yang indah. 

Peta Lokasi Pantai Puncak Guha ! 

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Hitstats

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger