Home » » Curug Nyogong Garut, Wisata Air Terjun di Kecamatan Cihurip Garut

Curug Nyogong Garut, Wisata Air Terjun di Kecamatan Cihurip Garut

Anda merupakan seorang petualang yang suka mengeksplor tempat wisata. Jika kali ini Garut yang menjadi lokasi untuk Anda eksplor wisatanya, saya memiliki rekomendasi untuk Anda. Rekomendasi wisata ini saya sajikan jika Anda ingin berwisata beda dengan yang lainya. Tempat wisata ini termasuk karegori wisata tersembunyi di Garut yang jarang orang lalui. Nama objek wisatanya adalah Curug Nyogong Garut. 

Pengambilan Nama Curug Nyogong Garut


Namanya memang kedengaran aneh di telinga Anda. Nyogong, nama tersebut diambil dari serapan bahasa Sunda yang artinya " menikung ". Kenapa dinamai Nyogong karena masyarakat melihat dari kondisi yang sebenarnya dari tempat berasalnya air terjun ini. Curug nyogong bisa kita katakan anak dari Curug Cialeuan yang lokasinya berada di atasnya.

Dari Curug Cialeuan ini mengalir air yang masuk ke curug nyogong. Namun aliran airnya tidak mulus. Maksud saya disini adalah karena adanya bebatuan yang menghalangi aliran air ini jadi arahnya berbelok-belok, tidak lurus ke bawah. Hingga akhirnya masuk ke curug nyogong. Dari situlah asal nama masyarakat menamainya sebagai curug nyogong atau curug yang menikung. 

Bagaimana sobat menurut Anda sendiri pengambilan nama tersebut masuk akal kah ? 

Jika Anda punya rekomendasi nama yang tepat, atau atau ingin menjawab pertanyaan saya diatas. Tuliskan jawaban Anda di kolam komentar artikel ini yah :) ! 

Kondisi Alam Curug Nyogong 


Suara gemuruh air terjun dari kejauhan tentunya sudah pasti akan terdengar. Curug nyogong ini sendiri dikategorikan sebagai air terjun dengan debit air yang besar dan deras. Terlihat dari kejauhan pemandangan yang elok. Ketika Anda melihatnya maka hasrat Anda untuk berenang akan menghampiri. 

Curug Nyogong Garut

Kondisi alam curug nyogong ini termasuk kedalam kawasan hutan yang lebat. Sehingga tentunya Anda yang ingin berkunjung kesini harus siap dengan perjalanan yang cukup melelahkan. Saat ini curug nyogong merupakan salah satu curug yang paling terkenal di Garut. Apalagi di IG dan medsos lainya saat ini sedang populer karena keindahan alamnya. 

Udara disini tentunya sangat segar karena banyak pepohonan yang hijau. Sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai atau bercengkrama bareng teman dan sahabat. Ohh iyah jangan lupa yah kalau Anda dateng kesini pada pagi hari atau sore hari harus membawa jaket. Udara disini termasuk ketegori yang dingin apabila di waktu-waktu tersebut. 


Aktivitas Yang Bisa Dilakukan 


Bagi Anda yang ingin berkunjung ke curug nyogong ini tentunya bukan hanya untuk melihat saja tempatnya. Akan tetapi Anda juga harus menikmati beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan disini. Karena sangat sayang dong jika Anda hanya duduk diam saja saat berkunjung. 

Yang utama disini aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Namun berenang disini memerlukan keberanian, karena debit airnya yang deras dan besar. Akan membuat beberapa orang takut melakukan aktivitas yang utama tersebut. Namun meskipun Anda berani, melakukan aktivitas berenang ini tentunya Anda harus tetap waspada dan hati-hati. 

Disini bebaatuanya cukup licin sangat mudah membuat Anda tergelincir. Aktivitas lainya yang bisa Anda lakukan adalah memotret keindahan alamnya. Atau sekedar selpie dengan backgrond curug nyogong tentunya. Nah, kalo aktivitas yang ini jangan lupa yah upload ke medsos Anda dan hastag nama objek wisatanya. OKE ! 

Akses Jalan Menuju Curug Nyogong


Jika Anda memang tertarik untuk mengunjunginya bareng teman atau bareng anak motor Anda. Anda bisa melakukan konvoi kesini. Kegiatan tersebut pasti akan semakin seru dan berkesan apalagi rombongan anak-anak motornya cukup banyak pasti rasa capek dan lelah selama perjalanan tidak akan terasa. 

Nah disini ada satu jalur yang bisa Anda akses untuk bisa sampai ke lokasi. Alamat lengkapnya Curug Nyogong ini berada di Desa Mekarwangi Kecamatan Cihurip, Garut. 

Jika Anda berasal dari kota Bandung, pertama Anda bisa ambil jalur kota Garut. Setelah sampai di Alun-Alun Tarogong, Anda ambil jalur yang arah ke pasar Samarang atau bisa langsung ambil arah ke Pasar Simpang. Dari pasar simpang nantinya Anda bakal menemui pertigaan, lalu Anda ambil jalur yang mau ke Cikajang atau Pameungpeuk. 

Dari Pasar Cikajang, Anda bisa lurus terus arah ke pameungpeuk atau untuk memastikan Anda bisa tanya ke orang yang ada di jalan. Anda bisa tanya arah ke Cihurip kemana ? Dari pasar cikajang mungkin jaraknya sekitar 15 menit lagi waktu yang akan Anda tempuh. 

Patokannya Anda bakal menemukan pertigaan dan nanti ada petunjuk kemana arah ke Cihurip. Dalam perjalanan dari Cikajang ke Cihurip ini jalanya tidak terlalu besar dan berkelok-kelok. Setelah masuk ke kawasan cihurp pokuskan tujuan Anda untuk masuk ke wilayah Curug Nyogong yang beralamat di Desa Mekarwangi Kecamatan Cihurip, Garut. 

Namun perjalanan menggunakan kendaraan harus Anda hentikan ketika sudah sampai di desa Cisangkal, mekarwangi. Anda bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki sekitar 2 kilo meter lebih. Setelah perjalanan yang melelahkan tersebut barulah Anda akan sampai di lokasi Curug Nyogong Tersebut. 

Tips Berwisata ke Curug Nyogong


Disini saya ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika ingin melakukan kunjungan wisata ke Curug Nyogong. Mohon perhatikan supaya kunjungan wisata Anda nantinya bisa berjalan lancar dan sesuai rencana. 
  1. Jangan lupa bawa jaket apabila berkunjung pagi atua sore hari. Bila siang hari pun tetap harus membawa jaket karena pas waktu pulang kan tetap bakal sore hari. 
  2. Jangan lupa bawa baju ganti jika anda ingin berenang
  3. Jangan lupa bawa HP, Kamera DSLR kalau punya untuk mengabadikan moment terbaik Anda disana
  4. Jika ingin berkunjung kesini tidak disarankan menggunakan kendaraan umum karena kendaraan menuju kesini masih sangat terbatas dan itupun cukup susah.  
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Hitstats

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Info Wisata | HdG Team - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger